MAKESTA PR IPNU IPPNU KETIP : MEMBENTUK GENERASI BERKARAKTER BERLANDASKAN AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH


 

Ketip (28/10) – Masa Kesetiaan Anggota atau kerap dikenal dengan sebutan MAKESTA pada dasarnya merupakan suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan ranting. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan organisasi IPNU IPPU serta langkah awal bagi calon anggota untuk masuk ke dalam organisasi dan mengerti arti pentingnya organisasi. 


Sama halnya dengan kewajiban tersebut, Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Ketip telah melaksanakan kegiatan MAKESTA pada tanggal 24-25 Oktober 2020. Ya, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, pada hari Sabtu-Minggu. Sangat disayangkan, makesta ini dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19, yang artinya semua kegiatan yang diadakan harus sesuai dan mematuhi protokol kesehatan yakni anjuran untuk memakai masker dan menjaga jarak saat melaksanakan kegiatan serta adanya pembatasan jam pelaksanaan.


Tema yang diangkat dalam kegiatan makesta ini adalah “Membentuk Generasi Berkarakter Berlandasakan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah”, yang mempunyai maksud dengan diadakannya Makesta ini, calon anggota IPNU IPPNU yang akan dilantik nantinya menjadi pribadi yang berkarakter sebagaimana golongan yang mengikuti i’tikad atau jejak langkah Nabiyullah Muhammad SAW dan para sahabat. 


Diadakan di Musholla Al-Muttaqin, Makesta yang dilaksanakan berjalan dengan khidmat dan lancar, dengan 11 peserta (6 calon anggota IPNU dan 5 calon anggota IPPNU), panitia pelaksana serta instruktur dan perwakilan PAC Juwana yang mendampingi. Tak hanya diikuti oleh pelajar dari jenjang pendidikan SMP-SMA saja, tetapi Makesta PR IPNU IPPNU Ranting Ketip diikuti oleh beberapa mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. 


Hari pertama (24/10) pelaksanaan, acara dimulai dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan, dan pemberian materi. Materi pertama yakni Keaswajaan yang diisi oleh K. Ahmad Syafiq yang merupakan salah satu tokoh agama di Desa Ketip. Selanjutnya materi yang kedua diisi oleh Bapak Afif Imam Anshori yang sekarang menjabat sebagai Pimpinan GP Anshor Anak Cabang Juwana dengan tema Ke-Indonesiaan. Serta materi yang terakhir yakni Tradisi Amaliyan NU yang diisi oleh K.H Uddin Abdillah yang merupakan salah satu tokoh agama Desa Ketip serta Ketua MWC NU. Tak lupa, di setiap akhir sesi materi, selalu dilakukan pendalaman dan review materi oleh instruktur yang bertugas, guna mengevaluasi peserta Makesta tersebut. 


Hari kedua (25/10) yang notabene nya hari terakhir pelaksanaan berlangsung tak kalah seru dari hari sebelumnya. Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta, kemudian pemberian materi. Materi yang pertama yaki Ke-NU an yang diisi oleh K. Ahmad Syafiq, kemudian materi Ke IPNU-IPPNU an yang siisi oleh Asyiroh Puji Fitriani dari PC IPNU IPPNU Pati, serta materi Keorganisasian yang diisi oleh Ilma Ulfia dari PC IPNU IPPNU Pati. Seperti biasa, pada akhir kegiatan diadakan pendalaman dan review materi oleh instruktur yang bertugas. Berlanjut pada proses pelantikan atau pembaiatan pada pukul 21.30WIB yang dilaksanakan di lapangan Desa Ketip. Prosesi didampingi oleh PAC Juwana, PC Pati, dan Intrktur yang berlangsung khidmat serta penuh makna disetiap tahapan yang dilaksanakan. 


Penulis : Anita Aprilia Yunita Sari

Editor : Muhamad Fachruddin Efendi

Lebih baru Lebih lama